Tips memilih kosan ^^

9:33 PM

Pertama tama, gue ucapkan selamat bagi seluruh anak SMA yang berhasil masuk Universitas, entah itu fakultas yang elo mau ataupun enggak hehe
Bagi yang tidak memutuskan untuk duduk di bangku kuliah juga gak masalah sob, gak ada yang tau jalan hidup seseorang kecuali Tuhan, yang penting kalian semangat kerja keras! :D

Nah bagi kalian yang baru aja masuk Dorm, atau lagi cari kosan, berikut gue kasi beberapa tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih kosan..

- Putuskan sebelumnya, apakah lo mau memilih kosan yang tinggal jalan kaki dari kampus, atau mau yang agak jauh dengan pertimbangan adanya kendaraan umum menuju kampus.
- Pertimbangkan butuh kamar yang ber AC atau enggak. Pertimbangan lo bisa dari budget atau cuaca. Misalnya lo uda berada di kawasan Puncak dan lo merasa udah dingin tanpa pake AC ya silahkan ga pake AC :D
- Diskusi sama orangtua, apa boleh kost yang campur cewe cowo atau spesifik cuma kosan perempuan/kosan laki laki aja.
- Ketika pertama kali survei kosan, perhatikan apakah pemilik kosan berkediaman di dekat kos, atau apakah penjaga kosan tinggal di dalam kos. Nilai secara cepat juga bagaimana sifatnya saat menjamu kita, keramahan dan reaksinya. Tentunya ga bakal nyaman kalau pemilik kosan rese, atau ga fleksibel.
- Cek luas kamar, bayangkan dengan barang yang bakal kamu bawa.

- Tanya harga, sesuaikan dengan budget kamu.
- Cek kamar mandi. Kamar mandi luar sedikit banyak berpengaruh kalau berada di kosan campur. Karena biasanya kaum adam agak cuek hehehe Lihat kebersihannya, apakah air selalu keluar dari keran atau cuma jam tertentu? Siapkan diri untuk membersihkan kamar mandi sendiri dan mengatasi baunya kalau kamar mandi ada di dalam kamar hehe :D
- Bertanya jam malam. Dan apa ada alternatif lain kalau ada keperluan khusus yang memungkinkan kita melewati batas jam malam.
- Tanyakan sistem pembayaran kosan. Perbulan atau pertahun. Sudah termasuk biaya listrik atau belum. Sudah termasuk biaya Internet atau belum. Apakah memiliki fasilitas cuci setrika pakaian? Kapan tanggal pembayaran. Apakah terkena denda jika telat membayar? Bolehkan diTransfer atau harus cash?
- Tanyakan apakah teman lawan jenis boleh main ke kosan. Beberapa kosan perempuan melarang lawan jenis main ke kosan. Tanya batas mana  teman boleh bermain.
- Tanyakan apakah boleh jika ada saudara/teman/orangtua menginap. Berapa hari maksimal. Atau jika terkena Fee atau biaya menginap, berapa biayanya?
- Jika kamu membawa kendaraan apakah kosan menyediakan tempat parkir? Apakah teman boleh memarkir kendaraan juga? Apa ada yang menjaga tempat parkir?
- Tanya apakah ada dapur atau kulkas. Beberapa anak ingin dapur buat masak. Biasa anak kosan, ngirit.. hehe
- Tanya apa ada aturan lain yang berlaku.

Yaa itulah tadi beberapa tips untuk anda sekalian yang baru mau memulai kehidupan kosan, atau sedang mencari cari kosan. Menurut pengalaman gue sih, pemilihan kosan dengan pembayaran pertahun terlalu beresiko. Kalo sewaktu waktu ga betah, entah sama keadaannya, teman kos atau bahkan sama pemiliknya, bakal makan hati sampe nunggu kontrak setahun abis hehe (curcol :p). Kejadian yang sering terjadi adalah : Kosan enak, temen enak, yg punya rese. Atau yg punya baik tapi temen kosannya rese hehe

Take your time to choose, pal !
xoxo,
Ande~

You Might Also Like

0 comments

Thank you for being here!
Feel free to drop questions, comments, or simply your thoughts below :

Subscribe